Sensor

SINTAKS PROBLEM BASED LEARNING

Sintaks 1

Orientasi peserta didik pada masalah

Sintaks 2

Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

Sintaks 3

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Sintaks 4

Mengembangkan dan menyajikan hasil

Sintaks 5

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Tujuan Pembelajaran

01

Peserta didik diharapkan mampu memahami konsep sensing melalui ceramah dan demonstrasi oleh guru dengan baik.

02

Peserta didik diharapkan mampu membuat aplikasi kreatif (permainan, animasi, presentasi) dengan perkakas yang diajarkan dengan fungsi sensing melalui praktik secara kreatif.

EDUBIN0347.png
EDUBIN0552
EDUBIN0553

Orientasi Permasalahan

Perhatikan video di samping:

    1. Pada waktu apa sprite kucing mengeluarkan suara “meow” ?
    2. Bagaimana cara agar kucing menyentuh balon biru dia akan berkata “Biru”, kemudian ketika kucing menyentuh balon kuning dia akan berkata “Kuning”?

Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar

Konsep Sensor pada Scratch

Blok kode sensing/sensor dalam Scratch adalah blok yang memungkinkan sprite untuk mendapatkan informasi dari lingkungannya. Blok-blok ini memberikan kemampuan kepada sprite untuk “merasakan” hal-hal seperti sentuhan, warna, jarak, input dari pengguna, dan lainnya. Informasi yang diperoleh ini dapat digunakan untuk membuat sprite merespons dengan cara tertentu, membuat program lebih interaktif dan dinamis.

Cara Kerja dan Fungsi Blok Kode Sensing

Blok kode sensing bekerja dengan cara memeriksa kondisi tertentu di lingkungan program dan kemudian memberikan hasilnya sebagai nilai boolean (true/false) atau nilai numerik (angka). Misalnya, apakah sprite menyentuh tepi layar, apa warna yang disentuh sprite, atau berapa jarak sprite dengan objek lain. Informasi ini kemudian dapat digunakan dalam struktur kontrol seperti if-then, loop, atau variabel untuk mengendalikan perilaku sprite.

Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok

Anak-anak setelah kalian memahami konsep sensor, sekarang saatnya kalian praktik menerapkan blok sensor di scratch. Berikut adalah panduannya.

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil

Silakan mengumpulkan hasil pengerjaan LKPD kalian di bawah ini :


Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecah Masalah

/10

Evaluasi Topik 3

Sensing

1 / 10

Bagaimana cara memeriksa apakah sprite sedang menyentuh warna merah?

2 / 10

Blok "Timer" dalam Scratch di-reset menggunakan blok...

3 / 10

Apa yang dilakukan oleh blok "Ask __ and wait"?

4 / 10

Apa fungsi dari blok "Loudness" dalam kategori sensing Scratch?

5 / 10

Untuk menghentikan sprite jika sudah menyentuh tepi panggung, blok sensing mana yang digunakan?

6 / 10

Blok sensing "Timer" berfungsi untuk...

7 / 10

Blok sensing mana yang bisa digunakan untuk menggerakkan sprite ke posisi mouse pointer?

8 / 10

Blok "Mouse down?" dalam kategori sensing digunakan untuk...

9 / 10

Bagaimana cara membuat sprite menanyakan nama pengguna dan menyimpan jawabannya dalam variabel?

10 / 10

Untuk memeriksa apakah suara di lingkungan sekitar cukup keras untuk memicu aksi, blok mana yang harus digunakan?

Your score is

0%